4 Cara Mengajarkan Anak Mencuci Tangan Dengan Baik

Melakukan kebiasaan mencuci tangan bukanlah menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Tetapi pada aktivitas ini tidak semua orang mau melakukannya.

Disaat virus corona menyerang Indonesia, kebiasaan mencuci tangan menjadi salah satu kewajiban untuk menghindari dari virus corona. Mencuci tangan merupakan kegiatan yang sangat mudah dilakukan dan untuk mencegah tertularnya kuman dan untuk melindungi anak-anak dan orang dewasa untuk selalu sehat.

Sebagai orang tua menjadi peran yang sangat penting untuk menjadi panutan anak-anak untuk melakukan cuci tangan dengan tepat. Melakukan aktivitas mencuci tangan bisa membuat semua orang yang melakukannya menjadikan kebiasaan hidup sehat jika anda mengajarkannya mulai saat dini. Berikut ini cara untuk mengajari anak-anak untuk mencuci tangan dengan benar.

1. Gunakan cara yang menyenangkan
Gunakan cara yang bisa membuat anak-anak menjadi lebih nyaman dan menyenangkan seperti menyanyikan lagu saat sedang melakukan cuci tangan atau juga bisa membuat menjadi sebuah permainan.

2. Sering mengingatkan
Melakukan kegiatan mencuci tangan bisa membutuhkan waktu. Awalnya anda harus memberikan peringatan kepada anak anda untuk mencuci tangan kapan dan bagaimana harus melakukan cuci tangan. Peran orang tua menjadi sangat penting untuk selalu mengingatkan anak-anak untuk selalu mencuci tangan sebelum makan dan sesudah bermain dengan hewan peliharaan.

3. Berikan contoh baik
Sebelum anda meminta anak anda untuk rajin mencuci tangan, anda sebagai orangtua juga harus dengan contoh yang baik. Perilaku anak-anak kecil bisa meniru kelakuan yang orang dewasa pada kehidupan mereka.

4. Beritahu tentang kuman dan penyakit
Beritahu anak tentang cerita kuman dan penyakit yang malas mencuci tangan. Lakukan hal ini dengan seimbang. Anda bisa menjelaskan dengan cerita yang seram atau yang bisa membuat berpotensi membuat anak menjadi takut akan penyakit yang akan menyerang.

Tinggalkan komentar