Eksplor Destinasi Wisata Menarik di Banyuwangi

3 hari kemarin aku berkesempatan untuk explore banyuwangi bareng enter traveller. Berangkat dari surabaya pagi dan tujuan pertama kami adalah pulau merah banyuwangi. Kami sampai di Pulau Merah Banyuwangi pada siang hari. banyak kegiatan yang dapat dilakukan disana mulai dari mengelilingi pulau dengan perahu, selancar sampai hanya bermalas-malasan di pinggir pantai. Jadi kapan kalian explore indonesia ? Gak bosen apa dirumah terus.

Setelah dari pulau merah aku berlanjut ke Kawah ijen. Ditengah perjalanan kita mampir untuk makan malam di warung sego tempong bu nur salah satu warung tempong terkenal di banyuwangi. Sego berarti nasi dan tempong berarti tampar yang dimana arti nasi tempong adalah nasi yang ditampar bagaimana tidak pedas dari sambal nasi tempong terasa sangat pedas dimulut. Dan akhirnya kami melanjutkan ke kawah ijen. Jika anda lewat jalur banyuwangi harap berhati-hati ada 3 tanjakam beruntun yang sangat curam disana mobil yang kami tumpangi sempat mundur dan mengharuskan kami harus turun. Dan akhirnya tibalah kami di pintu masuk kawah ijen. Kami segera melakukan tracking selama 2 jam untuk mencapai kawah. Di atas kawah sangat dingin sehingga lami hanya dapat menjepret sedikit gambar.

Setelah turun dari kawah ijen kami melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya yaitu pulau Menjangan. Pulau Menjangan terletak di Taman Nasional Bali Barat. Di pulau Menjangan anda dapat melakukan snorkling dan jelajah pulau. Jarak dari Pantai Bangsring (tempat start Kapal) ke Pulau Menjangan sekitar 30 menit ditempuh dengan kapal Kecil. Ombak selama perjalanan relatif tenang.

Setelah dari Menjangan kami melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya yaitu Pulau Tabuhan. Pulau yang secara administratif terletak di Banyuwangi. Butuh waktu sekitar 45 menit dari Menjangan ditemani ombak yang lumayan tinggi menjelang sore hari. Pulau ini sangat sepi hanya ada 2 warung dan tidak ada apa” lagi. Namun sayang di sisi Barat pulau sampah mulai masuk ke dalam pulau. Alangkah baiknya jika kita semua memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan. Sekian cerita perjalananku di Banyuwangi.