Keunikan Transportasi di Negara India

Di India itu asli deh nano-nano banget masalah transportasi. Kalau mau dibandingin sama Indonesia, ya 11-12 lah. Tapi ada keunikan yang beda juga. Ini dia menariknya transportasi yang ada di India dilansir dari akun seorang travel blogger ternama yaitu @catatanbackpacker.

1. Klakson

Mungkin temen-temen sering denger katanya di India itu rame banget sama suara klakson. Emang hal itu bener adanya. Klakson itu udah jadi bagian hidup saat menggunakan kendaraan deh bagi orang India. Dikit-dikit klakson, ada di depan macet lampu merah, klakson. Bahkan, banyak mobil-mobil gede yang sengaja di belakangnya ditulia “please blow horn” . Sengaja minta di klakson.

2. Banyak mobil bagus, tapi…

Percaya deh, di India banyak mobil bagus. Malahan mereka udah bikin pabrik mobil sendiri. Tata motors, Force, dan banyak merek lokal lainnya. Sayangnya, kebanyakan mobil di India itu entah kenapa baret dan penyok semua. Seumur-umur kesana, jarang banget liat mobil yang kinclong gitu. Pasti minimal ada penyok. Mungkin kena sundul kali ya.

3. Masalah Nyebrang

Ini kadang juga jadi masalah. Nyebrang di India itu gak cukup cuma ngasih aba2 pakai tangan doang. Kagak bakal di liat, asli. Paling bener emang harus percaya diri dan bikin eye contact sama si pengemudi di depan kita. Abis itu maju aja jalan jangan nunggu kendaraannya stop. Dia bakal stop sendiri kalau udah deket, tapi tetap hati-hati. Seriusan sih, nyebrang di sini harus berani.

4. Banyak Pilihan

Transportasi keliling kota di India bisa dibilang lengkap. Mau naik taksi, bis, metro (kota besar) ada kok. Busnya juga variasi mau yang AC apa yang kipas apa yang angin jendela juga ada. Tapi yang lucu masih ada becak yang ditarik orang, ada juga becak yang dikayuh kayak sepeda, ada juga becak yang pakai motor, dll. Oh iya disini ada bajaj juga tapi bisa berlima, yang belakang empat orang, yang satu lagi duduknya sama si supir. Tapi kemaren nggak nemu pangkalan ojek sih . Oh iya di sini ada Uber sama Ola Cabs untuk pesan taxi online.